Inilah Dampak Luar Biasa pada Tubuh Saat Anda Makan Telur Setiap Hari

Inilah Dampak Luar Biasa pada Tubuh Saat Anda Makan Telur Setiap Hari

Siapa sih yang tidak suka dengan telur? Jenis bahan makanan satu ini memang sangat praktis untuk diolah menjadi berbagai jenis masakan. Tidak hanya praktis, telur juga termasuk bahan makanan yang lezat dan kaya akan gizi. Hal inilah yang menjadikan telur sering diolah dalam menu makanan sehari-hari. Lalu apakah makan telur setiap hari tidak menimbulkan dampak yang berbahaya bagi tubuh? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Dampak  Makan Telur Setiap Hari Bagi Tubuh 

Sebagai salah satu bahan makanan yang kaya akan gizi, menjadikan telur sangat direkomendasikan untuk berbagai kalangan usia. Namun sebagian masyarakat mempercayai bahwa makan telur setiap hari bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal dengan membiasakan mengkonsumsi telur setiap hari justru ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa Anda rasakan. 

Tentunya selama Anda mengkonsumsi telur dalam jumlah yang tidak berlebihan dan dimasak dengan cara yang tepat. Berikut beberapa dampak makan telur secara rutin setiap hari yang perlu Anda ketahui: 

  1. Lebih Berenergi 

Dampak makan telur setiap hari yang pertama yaitu membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Karena komposisi nutrisi dalam telur bisa memberikan suntikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Dalam hal ini telur memiliki kandungan lemak dan protein yang lambat dicerna tubuh dibandingkan karbohidrat. 

Selain itu, kandungan vitamin B12 dalam telur juga dapat menjadi cadangan energi yang stabil sesudah beberapa jam memakannya. 

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Dengan makan telur setiap hari maka dapat mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh. Sebab di dalam telur terkandung nutrisi yang sangat beragam seperti vitamin A, vitamin D dan vitamin E. Dimana berbagai kandungan tersebut adalah kunci penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang. 

Selain itu, telur juga mengandung antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Telur juga kaya akan kandungan selenium yang berfungsi sebagai anti peradangan sehingga sistem kekebalan tubuh akan tetap terjaga dengan baik. 

  1. Kesehatan Kognitif Semakin Meningkat 

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam telur mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan otak agar tetap prima. Telur juga memiliki kandungan kolin tinggi yang bagus untuk menjaga fungsi dan struktur otak. Di dalam telur terkandung asam lemak omega-3 sebanyak 100-500 mg per butir. Dimana asam lemak omega-3 tersebut sangat penting dalam meningkatkan fungsi otak. 

Diklik juga : Main Ala Pecinta Game Paling Untung Besar Dalam game Online Mobile

Dengan makan telur tiap hari maka sangat bagus untuk kesehatan mental dan daya ingat seseorang karena telur mengandung vitamin B12. 

  1. Mengurangi Terjadinya Peradangan 

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam telur ternyata juga bagus untuk mengurangi terjadinya peradangan di dalam tubuh. Terlebih terjadinya peradangan kronis dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, Alzheimer dan radang sendi. 

  1. Memperbaiki Kadar Kolesterol 

Mengkonsumsi telur setiap hari ternyata juga dapat memperbaiki kadar kolesterol meski selama ini telur diyakini bisa meningkatkan kadar kolesterol LDL. Padahal organ hati memproduksi kolesterol sesuai dengan seberapa banyak Anda makan sehingga Anda tidak bisa mengubah kadar kolesterol dengan pola makan. 

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa makan telur tiap hari ternyata justru dapat meningkatkan kolesterol baik dan tidak berpengaruh pada peningkatan kolesterol jahat. 

Selain beberapa dampak di atas, sebetulnya masih banyak dampak positif makan telur setiap hari yang harus Anda ketahui. Setidaknya melalui penjelasan di atas, kini Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi telur setiap hari karena dapat mendatangkan berbagai manfaat yang bagus bagi tubuh. 

Namun pastikan jumlah telur yang Anda konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh serta imbangi dengan nutrisi lainnya sehingga manfaat telur dapat bekerja lebih optimal di dalam tubuh.